Pengikut

RSS

TWITTER



 SEJARAH
Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil.
Twitter mulai dari didirikan Maret 2006 oleh Evan Williams, Jack Dorsey, dan Biz Stone. Pada tahun 2006 Williams dan Biz Stone mendirikan Obvious Corp bersama dengan Odeo mantan karyawan. Sejarah Twitter diciptakan sebagai perusahaan yang terpisah pada April 2007 oleh Obvious Corp Jack Dorsey adalah chief executive officer dari kegugupan sampai Oktober 2008 ketika Williams menjadi CEO dan Dorsey bergeser ke posisi ketua dewan direksi.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.
"Tweet" adalah istilah untuk maksimal 140 karakter pesan yang diposting di kegugupan. Untuk tweeting untuk menjadi efektif, hal itu harus dilakukan secara sistematis, dengan posting yang dibuat setiap hari. Untuk rata-rata pemilik bisnis atau eksekutif pemasaran, hal ini dapat sangat tidak praktis karena waktu yang diperlukan. Untungnya, teknologi menyediakan cara untuk menyelesaikan sesuatu lebih cepat.
Di Amerika, twitter sangatlah populer bahkan hampir bias disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media social untuk saling berkomunikasi secara lebih simple  antar pengguna.



KONSEP TWITTER
Seperti yg kita ketahui konsep awal twitter berasal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo dan Ide dari pembuatan twitter ini cukup sederhana, mengkombinasikan SMS dengan situs jejaring sosial. Inspirasi dasar Twitter muncul dari SMS group messaging service TXTMob.
Awalnya layanan ini diberi nama “twttr”, terinspirasi dari nama situs sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga hanya terbatas digunakan dalam internal perusahaan Odeo saja.
Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung.  Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini
Twitter terus berkembang menjadi situs micro-blogging dan menjadi media alternatif yang menarik ditengah hiruk pikuknya situs-situs jejaring sosial, dijaman Internet Web 2.0. Twitter tahun 2009 menambahkan kolom pencari (search bar), popular topics yang kemudian menjadi trending topics. Inovasi ini telah menempatkan Twitter menjadi salah satu mesin pencari (search engine) yang khas dan unik. Mencari sesuatu berdasarkan topik-topik yang menjadi tema tweet para “Tweeps”. Suatu bentuk pencarian yang real-time dan lebih human mind-oriented. Twitter juga menambahkan fitur “Twitter List” yang memungkinkan kita mengikuti dan membalas daftar authors, bukan hanya sekadar mem-follow author individu.
Inovasi-inovasi Twitter tersebut berbuah manis, pada awal tahun 2010, Google dan Microsoft  membayar puluhan  juta dollar untuk memasukkan hasil pencarian Twitter kedalam hasil pencarian search engine Google dan Bing (milik Microsoft)
Teknologi
Twitter adalah layanan micro blog yang hanya memuat 140 karakter. Awalnya Twitter diremehkan karena hanya mampu memuat pesan pendek. Namun ternyata kekuatan Twitter justru terletak pada formatnya yang sangat ringkas. Twitter juga terkenal dengan layanan retweetnya yang mampu membuat pesan berantai sehingga bisa menjangkau khalayak luas. Twitter terbukti efektis sebagai media informasi komersial maupun non komersial.

Kelebihan menggunakan twitter
  • Twitter sangatlah sederhana jadi kita tidak akan merasa sulit menggunakannya
  • Kita ketahui twitter tidak hanya berbasis web tetapi juga berbasis mobile jadi akses untuk menggunakkan twitter lebih mudah
  • Twitter juga bisa menjadi media pengungkapan (pelampiasan ) karena kita bebas mentweet apa saja sesuka hati kita contohnya bisa nyindir orang tapi yg disindir ga berasa disindir 
  • Twitter juga sangat membantu, menghemat waktu karena kita tidak perlu menulis surat atau   membuat pengumuman untuk menyampaikan sesuatu
  • Kita dapat berteman tidak hanya dalam ruang lingkup nasional melainkan dalam ruang linkup internasional
  • Kita juga bisa melihat tweet semua orang tanpa harus menjadi temannya, jadi kita hanya perlu mengetahui nama seseorang / emailnya lalu mengetikannya di search engine twitter
  • Twitter juga menyediakan layanan ke sesama penggunan twitter tanpa terbaca pengguna lainnya. Tentu sangatlah cocok untuk perbincangan yang bersifat privasi

Kekurangan menggunakan twitter
  • Kita ketahui twitter sederhana tetapi kesederhanaan twitter bukan hanya menjadi kelebihan tetapi bisa juga menjadi kekurangan twitter misalnya karekter yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 180 karakter,, jauh sangat sedikit dibanding facebook yang mampu menampung 500 karakter.
  • Kita harus menguasai beberapa simbol dalam twitter seperti @, RT, #, dan masih banyak simbol yang lainnya.
  • Kita harus pandai menyingkat kata karena karakter yang disediakan sangat sedikit.
  • Untuk upload gambar dibatasi ukurannya dan ukurannya tidaklah besar
  • Dalam twitter tidak tersedia fitur chatting seperti di facebook sehingga tidak tahu siapa saja waktu itu yang sedang online.
  • Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan jaringan.

Keamanan
Keamanan pada twitter masih terbilang lemah jika kita bandingkan dengan situs facebook. Tapi twitter tidak tinggal diam. Twitter terus menerus meningkatkan mutu keamanannya. Salah satunya dengan memberikan opsi akses permanen melalui HTTPS.
HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) memungkinkan encrypted communication antara networks dan users. Cara ini akan menciptakan sebuah jalur yang aman diantara lalu lintas website dunia yang begitu padat.


PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN DI MASA DEPAN
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis.
Di Indonesia, Twitter sangat populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.
Jadi menurut saya kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda.Twitter menggunakan sistem mengikuti – tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). dan juga memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan siapapun (pengguna twitter lainnya). dan juga kita dapat berkenalan dengan pengguna lainnya.



Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://bobbyfauzans.blogspot.com/2012/03/sejarah-dan-konsep-twitter.html
http://artaartapratiwi.blogspot.com/2012/03/konsep-twitter.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar